4 Tips Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Posted on

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone – HP Cerdas atau yang lebih dikenal dengan Smartphone untuk saat ini rata – rata sudah dibekali dengan layar yang luas, resolusi layar yang tajam dan dengan prosessor yang super cepat dan dengan dukungan RAM yang besar untuk kemampuan mutitasking yang tinggi. Hal ini berakibat pada kecenderungan untuk menggunakan smartphone secara berlebihan. Entah itu untuk keperluan kerja, bersosialisasi dengan teman atau hanya untuk bermain game.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone
Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Efek dari penggunaan smartphone yang berlebihan dapat membuat kecanduan terhadap smartphone, dan umur baterai menjadi lebih pendek. Untuk itu, berikut ini ada tips khusus untuk memperpanjang umur baterai android. Tidak hanya pada android saja, 2 tips pertama  juga dapat digunakan untuk membuat umur baterai iphone (IOS) , Blackberry (BB), dan Hp dengan Operating system lainnya lebih panjang ,tidak mudah kembung dan awet.


Jangan Biarkan smartphone Overheat

Smartphone yang mengalami overheat secara terus menerus akan merusak baterai dari smartphone tersebut. Agar tidak terjadi overheat, kamu bisa mencoba untuk menggunakan smartphone secara bijak. Penggunaan kamera dengan terus – menerus juga akan memicu terjadinya overheat, jadi disarankan agar selalu menutup aplikasi kamera ketika tidak digunakan. Selain aktivitas penggunaan, smartphone ini juga bisa panas jika disimpan di permukaan yang memproduksi panas berlebih. Kamu perlu menghindari penyimpanan smartphone di tempat seperti kulkas dan dalam mobil yang terlena sinar matahari.


Jangan Charge Baterai Smartphone Semalaman

Walaupun sudah banyak smartphone yang membekali charger dengan fitur yang otomatis mematikan alirasn listik ketika baterai penuh. Namun sangat tidak dianjurkan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman penuh. Hal ini akan menyebabkan smartphone menjadi overheat pada permukaan smartphone tersebut dan membuat baterai menjadi rusak. Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, kamu bisa mengisi baterai smartphone pada saat baterainya hanya tinggal 30 persen dan cabut ketika sudah terisi 80 persen hal ini bertujuan menjaga siklus baterai smartphone.


Mengaktifkan Battery Saver

Salah satu kelebihan smartphone yang menggunakan sistem Android Lollipop 5.0 adalah adanya fitur battery saver. Hal ini bertujuan agar baterai kamu lebih awet, jadi kamu jangan lupa untuk mengaktifkan battery saver pada smartphone Android kamu. Hal ini bertujuan agar pada saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low bat, maka sistem akan secara otomatis mengurangi performa dari CPU nya. Apabila smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance dan smartphone kamu keadaan low bat, hal tersebut akan memicu terjadinya penurunan kualitas dan umur smartphone kamu.


Hindari Aplikasi yang Banyak Iklan

Banyak berbagai aplikasi Android yang sudah disediakan oleh Google Play Store dan toko aplikasi lainnya, akan memudahkan kamu dalam menginstall aplikasi baru dan seru pada smartphone kamu. Namun, selain itu ada banyak pengembang yang menyisipkan iklan pada setiap aplikasi mereka untuk memperoleh pendapatan tambahan. Pada aplikasi yang mengandung banyak iklan ini akan membuat baterai kamu menjadi lebih cepat habis. Untuk penggunaan jangka panjang, aplikasi yang mengandung banyak iklan tersebut akan memperpendek umur baterai kamu.