Tips Membeli Handphone Bekas yang Perlu Kamu Tahu

Posted on

Tips Membeli Handphone Bekas – Membeli HP Bekas/Second masih menjadi pilihan dari sebagian orang. Meski kadang banyak yang suka bertanya mending beli hp bekas atau baru ? Jika, uang tidak mencukupi biasanya pilihan yang dipilih tentu dengan membeli smartphone bekas. Memang jika beli smartphone bekas ada untung dan ruginya. Meski saat ini harga HP baru sudah banyak yang ditawarkan dengan harga yang murah, namun tetap saja smartphone bekas dengan merk berkelas dan terkenal seperti  Merk Apple dengan seri Iphone nya, Samsung dengan Galaxy dan Note nya, LG, Sony , Asus, Lenovo, Alcatel, Xiaomi tetap menjadi incaran para pecinta gadget spesifikasi canggih dengan modal tipis.

TIPS CARA membeli handphone Android bekas
TIPS CARA membeli handphone Android bekas

Terbatasnya budget yang dimiliki, membuat banyak orang lebih memilih membeli HP Bekas. Sebab disinilah letak keuntungan dari HP Bekas, yaitu Harganya yang lebih murah dibanding HP yang masih baru. Namun, dalam membeli kebanyakan orang tidak memperhatikan cara membeli hp bekas android. Banyak yang tergiur ketika melihat harga HP Second Murah Android, mereka langsung membelinya tanpa memperhatikan aspek-aspek penting lainnya. Akibatnya HP Bekas/Second itu pun jadi cepat rusak. Hal ini tentu akan membuat kamu jadi rugi, Berharap dapat HP Android Spek canggih dengan harga murah, malah HP Android rusak yang didapat.

Nah, untuk menghindari hal itu maka baca dulu tips membeli hp bekas android berikut ini :

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

 

CEK DETAIL FISIK SMARTPHONE

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan ketika ingin Membeli hp Bekas adalah Cek fisik HP tersebut. Cek Fisik dilakukan secara mendetail mulai dari luar sampai dalam-dalamnya. Pastikan layar smartphone, tombol fisik, bodi sampai baterai masih dalam keadaan utuh. Ada baiknya jika kamu sudah tahu bagaimana bentuk asli barang tersebut ketika masih baru.

BELILAH PRODUK YANG MASIH DIDUKUNG PRODUSEN

Jika Anda berpikir untuk membeli handphone bekas, maka perhatikan juga pilihan satu ini. Beberapa dari Produsen smartphone terkadang menghentikan dukungan untuk penanganan kerusakan atau update software pada perangkatnya yang sudah lama beredar. Jangan membeli hp android bekas yang sudah lama beredar. Sebisa mungkin cari yang masih ada dukungan dari produsen nya, agar tetap mendapatkan update software yang lebih baik di kemudian hari.

PASTIKAN ANDA MEMBELI PRODUK LEGAL

Hal yang satu ini juga wajib kamu perhatikan. Ketika membeli smartphone bekas adalah memeriksa asal-usul barang tersebut. Pastikan jika barang yang Anda beli legal dan bukanlah barang selundupan. Hal ini dapat dilihat dari kartu garansi, nota pembelian, segel yang terpasang dan tentunya Nomor IMEI. Kenapa harus legal? Karena pemerintah dan Kemenkominfo pernah menyatakan akan memberantas smartphone yang memiliki IMEI palsu dan tidak memiliki izin di Indonesia.

Membeli Produk yang legal juga akan menguntungkan mu. Produk Legal biasanya memiliki garansi yang resmi. Jika HP Bekas yang kamu beli masih masuk dalam masa garansi, tentu jika hp tersebut bermasalah kamu dapat dengan mudah memperbaikinya di service center yang tersedia sesuai garansi HP kamu.

Faktor Harga HP Android Bekas

Jika smartphone yang kamu ingin beli harganya bisa selisih Rp 500 ribu jika dibandingkan dengan yang baru, maka urungkan saja niat untuk membeli smartphone bekas tersebut. Lebih baik jika uang kamu tabung dulu untuk beli yang baru. Tapi, jika harganya terpaut sangat jauh atau bisa lebih dari Rp 500 ribu, tidak ada salahnya untuk dibeli. Hal ini juga harus memperhatikan adanya pilihan alternatif dari smartphone lain atau mungkin promo-promo yang diberikan distributor smartphone. Sebab Pilihan untuk membeli Smartphone baru masih jadi pilihan yang terbaik. Kan kamu ga tahu jika membeli smartphone bekas, apa HP tersebut saat pemakai sebelumnya menggunakannya. Pernah kebanting? kesiram air? dan lain-lain. Kalau HP nya jarang dipakai sih ya untung 🙂

Baca juga 5 Smartphone Android Terbaik Harga 1 Jutaan