Rahasia Dahsyat dari Khasiat Teh Hijau

Posted on

Teh Hijau , yap! Siapa lagi yang tak kenal dengan Teh hijau. Teh hijau sudah dikenal sejak dulu sebagai minuman berkhasiat dan menyegarkan. Teh hijau pertama dibawa ke Indonesia sebagai tanaman hias oleh seorang Belanda. Dr.Andreas Cieyer (1686). Pemerintahan Belanda mendatangkan biji teh besar-besaran dari China untuk dibudayakan di pulau jawa (1728). Usaha tersebut berhasil ketika Dr.Van Siebold (1824) mempromosikan usaha pembudidayaan dengan bibit teh dari Jepang. Dan maka dari itu,teh kini banyak ditanam di indonesia,terutama pada daerah dataran tinggi.

Berbicara tentang asal usul teh hijau di indonesia dan Rahasia Dahsyat dari Khasiat Teh Hijau,pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya bukan? sebenarnya untuk apa aja sih manfaat yang terkandung dalam teh hijau ini? hmmm,banyak banget loh manfaatnya…

Yang pertama adalah Kandungan Vitamin dan Mineral
Vitamin yang terkandung di dalam teh diantaranya adalah : Carotene, Thiamin (Vit.B1), Riboflavin (Vit.B2), Nicotinic Acid, Pantothenic Acid, Ascorbic Acid (Vit.C), Viatamin B6 dan Folid Acid. Mineral yang terkandung di dalam teh diantaranya adalah Maganese dan Potasium.

Selanjutnya beberapa khasiat lain yang terkandung di dalam teh hijau adalah :
Mengoptimalkan Metabolisme gula
Mangan (Mn) yang terkandung dalam teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi. Dengan demikian teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.

Mencegah Pertumbuhan Kanker
Kemampuan Catechins (salah satu undur dalam Polyphenols) dapat menghambat terjadinya mutasi pasa sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Dengan adanya vitamin C dan vitamin E, maka teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Epigallocatechin dan epicatechin gallat yang marupakan varian dari catechin, ternyata mampu bertindak sebagai inhibitor dari pada angiotensin tranferase, yaitu enzim penyebab tekanan darah tinggi. Disimpulkan bahwa dengan kemampuan catechins untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menangkal radikal bebas, maka catechins juga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovascular.

Memperkuat Gigi & mencegah Karies pada gigi
Unsur Flouride(F) yang cukup tinggi pada teh, dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi.

Menangkal Kolesterol
Catechins, ternyata juga telah dibuktikan bahwa dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui faces.
Mengurangi resiko keracunan makanan
Unsur Catechins (menurut penelitian dari Taiwan dan Jepang, telah terbukti bahwa unsur tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Memperkuat daya tahan tubuh
Dengan adanya vitamin C dan E, maka teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

 

Banyak banget kan khasiat teh hijau ? Nah,maka dari itu mending dari sekarang biasain deh untuk mulai mengkonsumsi teh hijau 🙂