Google Play Store Terhenti: Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Services

Posted on

Google Play Store Terhenti, Ada Apa? – Buat kamu para pengguna android mungkin seringkali mengalami masalah Google play store terhenti. Ya! hal ini memang bukanlah hal yang baru lagi bagi para pengguna ponsel Android.Biasanya akan muncul tulisan “sayangnya google play store telah berhenti” tentu saja ini akan sangat menjengkelkan kamu. Untuk itu penting agar kamu tahu bagaimana cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka ataupun cara mengatasi google play error tersebut. Gimana cara mengatasinya? Apa saja pula penyebab Google Play Store Berhenti Berfungsi? Temukan semua jawaban lengkap dari berbagai pertanyaann diatas di bawah ini.

Google Play Store Terhenti: Sayangnya google play store telah berhenti

Google Play Store Terhenti Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Services
Google Play Store Terhenti Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Services

Penyebab dari terhentinya aplikasi penting di Android yang biasanya memunculkan pesan sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti ini bisa dikarenakan aplikasi yang rusak atau karena banyaknya sampah file pada ponsel Android pengguna. Apabila Google Play Store tidak bisa digunakan maka pengguna Android akan kesulitan dalam mengunduh atau memperbaharui aplikasi-aplikasi pada ponsel Android-nya.

  • Penyebab Google Play Store Berhenti Berfungsi

Layanan google play merupakan aplikasi terpenting dalam perangkat Android karena bertugas sebagai pusat dari seluruh aplikasi untuk Android. Tidak dipungkiri jika ketika Google Play Store terhenti, pengguna akan cukup kebingungan mengatur aplikasi yang sudah diunduh. Berikut ini adalah beberapa layanan ini bisa berhenti.

  1. Cache data sudah penuh.
  2. Perangkat Android yang tidak kompatibel. Hal ini dilihat dari segi sistem operasi perangkat Android yang dimiliki.
  3. Kapasitas perangkat Android yang tidak memumpuni. Jika RAM yang dimiliki oleh perangkat Android hanya sedikit maka aplikasi Google Play Store akan terhenti secara paksa.
  4. Aplikasi yang digunakan masih tester atau versi beta.
  5. Aplikasi rusak.
  6. Ponsel yang sudah di-root dan ada kesalahan ketika proses rooting.
  7. Hardware perangkat Android rusak.

Beberapa hal diatas dapat menjadi faktor penyebab layanan atau aplikasi Google Play Store terhenti ketika pengguna mengaksesnya.

  • Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti

Ketika Anda akan memperbarui atau mengunduh aplikasi dan sayangnya layanan Google Play telah berhenti, maka ada yang salah dengan aplikasi atau perangkat Android Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan peringatan tersebut.

  1. Pilih layanan setting atau pengaturan pada perangkat Android Anda, lalu pilih apps atau aplikasi. Setelah itu, carilah aplikasi Google Play Store.
  2. Pilih paksa berhenti lalu bersihkan data dan cache. Hal ini dilakukan agar aplikasi terhenti secara paksa dan sekaligus menghapus data beserta cache yang terdapat pada Google Play Store.
  3. Pilih nonaktifkan pembaharuan agar versi sebelumnya dapat kembali.
  4. Matikan perangkat Android Anda dan tunggu beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali.
  • Aplikasi Google Play Services

Selain Google Play Store, ada aplikasi Google lainnya pada perangkat Android yang tidak dapat dipisahkan dengan Google Play Store, yaitu Google Play Services. Aplikasi tersebut membantu pengguna agar aplikasi yang terdapat pada perangkat Android selalu dalam versi yang terbaru. Beberapa aplikasi Android tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya aplikasi tersebut.

Ketika aplikasi Google Play Store terhenti, jangan langsung panik. Kenali dulu penyebabnya dan lakukan beberapa langkah di atas. Sering kali, hal ini hanya masalah teknis yang bisa dengan cepat diatasi dan diselesaikan.

Nah, sekarang tidak pusing lagi buka kalau tulisan seperti “sayangnya google play store telah berhenti” ini muncul kembali? Jika memang setelah melakukan cara-cara diatas namun aplikasi google play store masih tetap erro . Anda bisa coba memperbarui google play store tersebut.

Baca: 6 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi